BERITA SUMEDANG, ruber.id – Air saluran drainase di depan RM Sanur, Dusun Mekarjaya RW 12, Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang meluap ke Jalan Raya Bandung-Cirebon, Kamis (21/1/2021) sore.

Merespons hal tersebut, jajaran Polsek Jatinangor bersama Pemerintah Kecamatan Jainangor bertindak cepat dengan melakukan kerja bakti, Jumat (22/1/2021).

“Hari ini, kami bersama-sama membersihkan material sampah dan lumpur di lokasi saluran air dekat RM Sanur,” kata Kapolsek Jatinangor Kompol Aan Supriatna didampingi Pawas Piket Iptu Ucu Abdurrahman, Jumat.

Kapolsek menjelaskan, selain membersihkan material lumpur dan sampah, Forkopimda Kecamatan Jatinangor juga melakukan upaya penanganan agar ke depan air tidak kembali meluap ke jalan.

“Kami angkat juga material sampah dan tanah yang menyumbat saluran air di lokasi ini, supaya nanti tidak lagi meluap,” jelasnya.

Selain itu, lanjut kapolsek, genangan air di saluran drainase dan sekitarnya juga disedot dan dialirkan menggunakan peralatan dari unit Damkar Tanjungsari.

“Faktor penyebab air meluap kemarin karena saluran airnya tersumbat sampah, sekarang kita bereskan semuanya agar tidak terjadi lagi,” ucapnya.

Aan mengajak kepada warga, terutama di wilayah Kecamatan Jatinangor, tidak membuang sampah sembarangan, terlebih membuangnya ke saluran air.

“Mari bersama-sama menjaga lingkungan tetap bersih dari sampah. Dengan tidak membuang sampah sembarangan kita menjaga alam, dan alam pun akan menjaga kita.”

“Sehingga kita terhindar dari bencana, seperti banjir yang terjadi di sini, kemarin,” sebutnya. (R003)

Baca Juga: Seluruh Korban Tertimbun Longsor Sumedang Ditemukan





Artikel Asli
generated by : www.jatinangor.id