SUMEDANG, ruber.id – Menyusul adanya satu orang pedagang positif corona, Pasar Situraja Kabupaten Sumedang ditutup untuk sementara waktu.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang Iwa Kuswaeri menyatakan, Pasar Situraja ditutup sementara mulai Selasa (28/7/2020) besok sampai Senin (3/8/2020) depan.

“Penutupan sementara Pasar Situraja ini menindaklanjuti adanya temuan pedagang beras di pasar yang positif COVID-19,” jelasnya, Senin.

Pedagang beras ini diketahui positif corona hasil swab tes masif yang dilakukan di Pasar Situraja dan hasilnya diketahui, Sabtu (25/7/2020) kemarin.

“Penutupan Pasar Situraja ini berdasakan pada Surat Bupati Sumedang Nomor 443/4087/Huk,” katanya.

Surat keputusan ini ditujukan untuk memberikan perlindungan dari paparan wabah virus corona terhadap para pedagang dan warga di wilayah Situraja lainnya.

Melalui surat ini, lanjut Iwa, camat Situraja, kepala Desa Situraja Utara, dan kepala Desa Situraja diminta melakukan pembersihan dan disinfeksi pada seluruh tempat.

Mencakup fasilitas dan peralatan lainnya di Pasar Situraja, sesuai ketentuan yang berlaku.

Iwa menjelaskan, surat ini dibuat berdasarkan telaah kasus pasien positif Covid-19 di Sumedang berinisial DIA, 21, yang tak lain merupakan pedagang beras di Pasar Situraja.

Surat keputusan ini, juga mengacu pada ketentuan Pasal 11 Perbup Nomor 45 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Selain itu, lanjut Iwa, hasil tracing kontak erat pasien DIA, ada 4 orang anggota keluarga dan 2 orang yang membantu DIA di tokonya di Pasar Situraja.

“Semuanya sudah dites swab. Kami meminta untuk kontak erat ini agar disiplin melakukan isolasi mandiri dan menerapkan protokol kesehatan.”

“Perlu kami tegaskan juga jika wabah virus corona belum usai, untuk itu seluruh warga Sumedang juga harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, khususnya saat beraktivitas di luar rumah,” terangnya. (R003)

Baca berita lainnya: 1 Pedagang Positif Corona, Gugus Tugas Sumedang Kaji Penutupan Sementara Pasar Situraja





Artikel Asli