FORKOWAS.com – 145 Kepala Keluarga Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor menerima bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap kedua sebesar Rp 600.000 per KK, Kamis 11 Juni 2020.

Pjs. Kepala Desa Hegarmanah Agus Sobarna didampingi Kepala Dusun Ajang mengatakan, pemberian bantuan sosial ini adalah bagi warga yang terdampak Covid-19 itu dipastikan tepat sasaran.

“Sebelumnya kami sudah mendata dulu warga warga yang berhak menerima yang belum terkoper bantuan lain.
Warga penerima itu adalah orang yang belum pernah menerima bantuan sosial manapun. Seperti PKH, BPNT, dan bantuan manapun,” katanya.

Sehingga bantuan tersebut benar-benar merata ke warga yang membutuhkan.

Selanjutnya kata Agus, BLT dana desa tahap pertama itu sebelumnya sudah dibagikan kepada warga dengan jumlah yang sama yakni pada tanggal 21 Mei 2020.

“Tinggal dana desa tahap ketiga. Selama Corona, warga Desa Hegarmanah menerima bantuan dari Pemda Sumedang uang Rp.500 ribu sebanyak 129 orang, bantuan sapa warga dari Provinsi ada 132 orang, dan BLT Kememsos sebanyak 246 orang,” ujarnya.

Semoga bantuan ini setidaknya dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam pandemi Covid-19 ini.

“Kami berharap yang menerima bantuan dapat mempergunakannya dengan bijak sesuai dengan kebutuhan selama masa pandemi covid 19 mengalami penurunan usahanya,” tandasnya.

Untuk bantuan Kemensos, lanjut Agus, bantuan ini merupakan yang pertama kali cair dan akan berlansung tiga kali pencairan, Mei, Juni dan Juli dengan nilai yang sama.

Pihak desa, hanya memfasilitasi sebab yang menentukan siapa penerima adalah Kemensos langsung melalui data Badan Pusat Statistik (BPS) berdasarkan DTKS dan Non DTKS.

Termasuk penyalurannya pun diberikan langsung oleh petugas Pos ke penerima manfaat. (Ceng)***

Artikel Asli